Goa Pindul

 

Sungai Oyo

Objek wisata yang satu ini buat senang deh. Selain seru, harganya juga murah. Kita bisa body rafting plus keliling goa pindul dengan total harga IDR 75.000 doang/orang (pada tahun 2014)! Lokasinya ada di Wonosari. Waktu itu saya dan teman-teman menyewa bis travel dengan kapasitas 20 orang.

Berangkat pada pukul 08.00, sampai 3 jam kemudian. Untuk mencapai ke Sungai Oyo harus naik kendaraan dulu (ini sudah termasuk tiket Goa Pindul). Karena batu-batunya licin, sebaiknya memakai carvil atau sendal yang kesat. Yang suka ketegangan bakal dihibur sama tebing-tebing sungai. Kita bisa lompat dari jembatan, atau kalau yang mau lebih ekstrim lompat dari tebing yang paling tinggi sekitar 12 m.

Panjang Sungai Oyo mencapai 1500m dengan durasi 1-2 jam. Waktu yang baik adalah saat musim hujan karena dengan begitu debit air naik dan arus deraspun akan menghantarkan kalian sampai ke ujung sungai.

Goa Pindul

Airnya masih hijau dan jernih. Untuk mengelilingi Goa Pindul lagi-lagi menggunakan ban, tapi kali ini kami harus saling berpegangan tangan karena di dalam goa gelap. Kedalaman air beragam: 5-12m, tergantung zonanya (zona terang, remang, dan gelap). Di dalam goa akan ada banyak kelelawar, karena goa ini masih terbilang aktif. Stalaktitnya juga masih meneteskan air. 

Diceritakan oleh Guide kami,  jaman dulu banyak ‘orang pintar’ yang datang ke goa ini untuk semedi atau minta petuah sama makhluk-makhluk yang tinggal disitu. Bertanyalah seorang teman, “Gimana caranya pak bisa sampai kesini? Kan airnya aja dalam.” Ternyata ‘orang-orang pintar’  ini menggunakan batang pohon pisang sebagai pelampung mereka.

Setelah itu, kami punya waktu untuk bermain air. Pemandangan di tengah goa sangat bagus karena sinar matahari masuk dan ada bendera Indonesia digantung di tengah-tengah lobang. Di pinggiran goa juga banyak tebing-tebing, alhasil kami lompat-lompatan lagi deh.

Salam – Goa Pindul, Yogyakarta

 

 

Advertisements

2 Comments

  1. Sekedar tambahan, kalau ada rencana ingin berkunjung ke Gua Pindul sebaiknya jangan pada saat hari libur besar/long weekend karena lokasinya bakal padat banget jadi lautan manusia, jadi kurang menikmati sensasinya hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s